Pernyataan Sikap IMM BRAWIJAYA Terhadap Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya 2014

Logo IMM

PRESS RELEASE

PERNYATAAN SIKAP

IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH BRAWIJAYA

Terhadap

PEMILIHAN REKTOR UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2014

 

Bismillahirrohmannirrohim

Sebagai wujud komitmen dan tanggungjawab kebangsaan, Pimpinan Koordinator Komisariat (Korkom) IMM Brawijaya menyampaikan pernyatan sikap. Hal ini bertujuan untuk melakukan ajakan moral dan pemberian pandangan atau pesan terhadap masyarakat kampus dalam rangka Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Brawijaya (UB) 2014.

Pernyataan sikap ini disarikan dari hasil Dialog Publik dan kesepakatan Pimpinan Korkom IMM Brawijaya pada tanggal 9 Februari 2014 di Kota Malang. Dialog Publik ini bertemakan “Wajah Baru Pendidikan Universitas Brawijaya” dengan menghadirkan pemateri Prof. Bambang Suharto (Pembantu Rektor Bidang Akademik), Prof. Ifar Subagiyo (Direktur International Office), dan Prof. Muhammad Bisri (Dekan Fakultas Teknik). Adapun panelis yang memperkaya ide gagasan dalam dialog tersebut adalah Prof. Iksan Semaoen (Guru Besar Fakultas Pertanian; Rektor Universitas Trunojoyo Madura 2001-2006), Prof. Candra Fajri Ananda (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Prof. Bambang Guritno (Rektor UB 2002-2006).

PERNYATAAN SIKAP:

  1. IMM Brawijaya memandang Pemilihan Rektor sebagai proses eleksi kepemimpinan yang sangat bermakna, strategis, dan menentukan eksistensi, arah kebijakan, dan masa depan UB. Pilrek bukan sekedar rutinitas eleksi atau suksesi belaka, tetapi menjadi momentum memperbaiki arah visi kebijakan pembangunan pendidikan dalam rangka merealisasikan cita-cita bangsa untuk mencerdaskan seluruh bangsa Indonesia.
  2. IMM Brawijaya mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Pilrek yang bermutu, demokratis, konstitusional, dan berkeadaban. IMM Brawijaya mengajak penyelenggara Pilrek, khususnya Senat dan Panitia agar segera menuntaskan konstitusi berkenaan dengan penyelenggaraan Pilrek terutama Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara cepat, objektif, profesional, akuntabel, dan terbuka.
  3. IMM Brawijaya mendorong dan berusaha bersama segenap civitas akademika UB menjadikan Pilrek 2014 sebagai tonggak sejarah untuk menghasilkan kepemimpinan UB yang terbaik di masa mendatang. Pemimpin yang amanah, berakhlak, berkepribadian kuat, reformis, visioner, berani, dan ekspansif alternatif untuk menyelesaikan segala problematika menyangkut kebijakan pendidikan, aspek birokrasi kelembagaan, dan kepemimpinan.
  4. Kepada para calon dan tim suksesnya harus memiliki investasi moral-kebangsaan dengan mengedepankan kontestasi politik yang bermartabat, kampanye yang santun dan mencerdaskan, bersaing sehat dan membangun kebersamaan, mengutamakan program, dan menaati segala ketentuan yang berlaku. Para calon dan tim suksesnya harus menghindari praktik-praktik amoral dalam penyelenggaraan Pilrek, seperti money politik, black campaign, dan rekayasa sosial lainnya.
  5. Kepada seluruh civitas akademika UB khususnya yang memiliki hak pilih, hendaknya menggunakan hak politiknya secara cerdas dan bermartabat, menjunjung tinggi kejujuran dan kebersamaan serta terus mengawasi rektor terpilih agar menjalankan amanah sebaik-baiknya.

 IDE DAN GAGASAN (Baru) HASIL DIALOG:

  1. Mensiasati kompleksitas permasalahan UB dengan merekonstruksi kelembagaan dengan konsep koordinasi yang efektif dan efisien. Koordinasi dan integrasi kebijakan ini ditujukan untuk memperkecil miskomunikasi, ketimpangan pembangunan, termasuk penyelesaian masalah akademik, keuangan, hingga pembangunan fisik.
  2. Menggagas masterplan di seluruh aspek kebijakan demi arah visi kebijakan pembangunan pendidikan yang visioner, terarah, terukur, dan akuntabel. Adapun masterplan tersebut meliputi masterplan pembangunan fisik (area parkir, gazebo, student centre dan seterusnya), masterplan kurikulum pendidikan, masterplan keuangan dan dana pendidikan, dan masterplan sumberdaya manusia.
  3. Sentralisasi keuangan di rektorat sebagai langkah pemerataan pembangunan berbasis kebutuhan. Hal ini diekspektasikan mampu mereduksi ketimpangan antar fakultas dan memperbaiki sistem keuangan yang lebih akuntabel. Karena tiap fakultas memiliki kebutuhan yang berbeda, jika alokasi 70:30 saat ini yang disamakan maka tiap fakultas memiliki kesulitas untuk berkembang terutama fakultas yang kurang promosi.
  4. Rekayasa kebijakan terutama kurikulum perlu digalakkan lebih masif lagi. Salah satunya dengan mengadopsi konsep virtual di Jerman yaitu menghubungkan kegiatan akademik dengan dunia bisnis. SKS dapat disiasati lebih banyak dengan mengalokasikan tiap mata kuliah di dunia bisnis/ praktik sehingga mahasiswa lebih aplikabel dengan ilmu yang dimiliki dan lebih cepat memenuhi batas ambang kelulusan SKS.
  5. Visi “World Class Entrepreneurial University” harus tetap menjadi acuan utama dengan aksi nyata yang lebih detail. Terutama hal tersebut menyangkut mutu sumberdaya manusia baik input, process, dan output yang terkelola dengan baik.
  6. Menegaskan kembali falsafah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang bermakna dan terukur. IPK bukan sekedar nilai tapi juga terukur secara kemampuan baik keras maupun lunak. Maksudnya bahwa memotivasi dan menginspirasi seluruh pengguna jasa pendidikan untuk menggalakkan kemampuan yang linier dengan IPK yang ada.

 Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan jalan kebaikan untuk civitas akademika UB dan bangsa Indonesia, membukakan pintu taubat atas kesalahan para elite maupun civitas akademika, serta melimpahkan berkah-Nya sehingga Universitas Brawijaya mampu menjadi lebih baik dan memperoleh ampunan dari-Nya.

 Billahi fi sabili al haq fastabiq al khayrat

Malang, 10 Februari 2014 M

10 Rabi’ul Akhir 1435H

Pimpinan Koordinator Komisariat

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Brawijaya

ttd

Immawan Hikmawan Syahputra

Ketua Umum

ttd

Immawati Fani Bekti Pratiwi

Sekretaris Umum

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s