Asal – Usul PANCASILA

Ada tiga teori yang mengkaji tentang asal-usul Pancasila. Teori pertama menyatakan bahwa pancasila berasal dari bumi Indonesia dan lahir akibat proses kebudayaan bangsa Indonesia yang beragam. Menurut teori ini, Pancasila merupakan ramuan yang mencakup semua ajaran agama yang hidup di Indonesia, pandangan hidup yang diwarisi dari nenek moyang, dan gagasan pemikiran modern yang diperoleh dari para sarjana Indonesia lulusan barat pada masa penjajahan Belanda.

Teori kedua menyatakan bahwa Pancasila yang dikemukakan oleh beberapa orang pemimpin Pergerakan Indonesia dalam rapat BPUPKI dalam sidangnya pada bulan juni 1945, adalah pengaruh dari kode moral ajaran Buddha yang telah menjadi tuntunan dan tatanan hidup sehari-hari di dalam masyarakat, terutama masyarakat Jawa.

Teori ketiga menyatakan, Pancasila yang digagas oleh Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno adalah kepanjangan dari doktrin zionis yang dipropagandakan oleh tokoh-tokoh Freemasonry di Asia pada umumnya, dan Asia Tenggara pada khususnya. Soekarno pernah mengatakan, Pancasila merupakan dasar ideologi yang menampung semua aliran dan paham yang hidup di dalam masyarakat Indonesia. Namun, Soekarno tidak menjelaskan bagaimana konkretnya pelaksanaan sila-sila tersebut agar benar-benar dapat mewujudkan tatanan yang dikehendaki oleh masing-masing paham dan agama yang ada di Indonesia.

Soekarno juga sering melontarkan semboyan, bahwa semua agama itu sama, bahwa semua agama sama, karena semua agama bertujuan mencapai kebaikan hidup. Semboyan itu, menurut Abdullah Patani, sama persis dengan doktrin Freemasonry  atau biasa yang disebut Floatisme. Floatisme bertujuan mengembangkan keyakinan semua umat beragama, sehingga setiap pemeluk agama tidak boleh menyatakan keyakinannya secara khusus di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Setiap Pemeluk Agama harus mencari titik persamaan agar kehidupan berbangsa  dan bernegara tidak didominasi oleh ajaran agama tertentu.

Khalis, Ibnu, 2010, Ensiklopedi Asal Usul, Yogyakarta, DIVA Press.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s